𝘽π™ͺπ™₯π™–π™©π™ž 𝘽π™ͺπ™™π™žπ™’π™–π™£ 𝘽π™ͺ𝙠𝙖 π™ˆπ™ͺπ™¨π™§π™šπ™£π™—π™–π™£π™œ π™π™žπ™£π™œπ™ π™–π™© 𝙆𝙖𝙗π™ͺπ™₯π™–π™©π™šπ™£ 𝙇π™ͺ𝙬π™ͺ π™π™žπ™’π™ͺ𝙧 𝙏𝙖𝙝π™ͺ𝙣 2023

𝘽π™ͺπ™₯π™–π™©π™ž 𝘽π™ͺπ™™π™žπ™’π™–π™£ 𝘽π™ͺ𝙠𝙖 π™ˆπ™ͺπ™¨π™§π™šπ™£π™—π™–π™£π™œ π™π™žπ™£π™œπ™ π™–π™© 𝙆𝙖𝙗π™ͺπ™₯π™–π™©π™šπ™£ 𝙇π™ͺ𝙬π™ͺ π™π™žπ™’π™ͺ𝙧 𝙏𝙖𝙝π™ͺ𝙣 2023

Bupati Luwu Timur, H. Budiman membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) Tingkat Kabupaten Lutim Tahun 2023 dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Lutim dengan tema “Peningkatan Ketahanan Desa, Akselerasi Reformasi Birokrasi Penyelenggaraan Demokrasi Substantif”, di Gedung Wanita Simpurusiang Malili, Selasa (21/03/2023).

Hadir Mewakili Gubernur Sulawesi Selatan, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulsel, H. Asriady Sulaiman dan Kepala Bapelitbangda Provinsi Sulsel. Hadir pula, Unsur Forkopimda Lutim, Wakil Ketua I DPRD Lutim, H. Muh Siddiq sekaligus menyampaikan pokok pikiran dewan, para Asisten, Staf Ahli, para kepala OPD, para instansi vertikal, Tokoh adat Lutim, para Camat, Tokoh masyarakat, agama, pemuda, dan pimpinan lembaga swadaya masyarakat.

Dalam sambutannya, Bupati Lutim, H. Budiman mengatakan bahwa, Musrembang penyusunan RKPD Tahun 2024 ini merupakan tahun perencanaan tahap ketiga periode Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2021-2026.

“Oleh karena itu, saya berharap momentum ini hendaknya dapat kita jadikan sebagai landasan perencanaan pembangunan yang kokoh dan berkelanjutan serta bersinergi dengan arah dan kebijakan pembangunan pemerintah Sulsel dan Pemerintah Pusat,” katanya.

Melihat kondisi perekonomian dan sosial Kabupaten Lutim saat ini, lanjut Budiman, tentunya patut disyukuri karena Lutim mengalami perkembangan yang sangat baik.

“Hal ini dapat dinilai dari capaian Indikator Makro Lutim Tahun 2022, di mana pertumbuhan ekonomi Tahun 2022 tumbuh positif dengan capaian 1,99 persen dibanding Tahun sebelumnya minus 1,39 persen,” jelasnya.

Budiman mengajak seluruh kepada OPD terkait untuk memaksimalkan berbagai program pemerintah daerah yang dapat bermanfaat bagi peningkatan di sektor pertanian dan perikanan utamanya.

“Misalnya dengan pemberian bantuan pupuk atau memastikan ketersediaan pupuk yang sangat dibutuhkan oleh petani serta perbaikan jalan tambak,” tambahnya.
.
Terakhir, Budiman berterimakasih sekaligus mengapresiasi setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah berjuang mencurahkan segala perhatiannya untuk kemajuan pembangunan di Lutim.
.
“Mudah-mudahan ke depan apa yang menjadi harapan kita, dapat diwujudkan secara bersama-sama untuk menjadikan daerah ini lebih baik lagi ke depan,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Sulsel, H. Asriady Sulaiman menyampaikan, sinkronisasi dan penyelarasan rancangan pembangunan pada level pemerintah kabupaten kota dan pelajaran rancangan program dan kegiatan RKPD tahun 2024 diharapkan bisa lebih optimal dan maksimal.
.
“Apresiasi serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bupati Lutim dan seluruh pemangku kepentingan pembangunan atas segala dukungan, kontribusi, sinergitas dalam penyelenggraan pemerintahan pembangunan dan penggunaan kemasyarakatan dalam kedudukan Sulsel yang lebih sejahterah,” tutupnya.
.
Sebagai informasi, kegiatan tersebut juga diselenggarakan secara virtual dan diikuti oleh para kepala desa, kecamatan, serta beberapa perwakilan dari Provinsi Sulsel. (hel/ikp-humas/kominfo-sp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *